Ahlan wa sahlan

Selamat datang kami ucapkan | Suara Gontor FM | Jaya di udara abadi di hati dari Gontor menyapa Indonesia | [Tanda - tanda hari kiyamat] | [Dunia Lain] | [Tata cara Shalat] peluang usaha

Thursday, January 29, 2009

Gerhana.???

Darussalam-menyambut datangnya gerhana matahari {26/1}.panitia pelajaran sore mempercepat waktu masuknya ujian yang dimulai pada pukul 13.15 dan berakhir pada pukul 14.30wib .setelah selesainya ujian pelajaran ujian sore para santri diwajibkan pergi kemasjid untuk menunaikan sholat ashar dan dilanjuti dengan sholat gerhana .
Sebelum menunuaikan sholat ashar bapak pimpinan pondok modern darussalam gontor menyampaikan sepatah kata untuk santri .yang mengenai bagaimana tata cara sholat gerhana , yaitu yang pertama harus berniat lalu membaca surat al-fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat panjang .Didalam setiap rakaat terdapat dua rukuk dua sujud dua surat alfatihah dan sholat ini bisa dilakukan sendiri atau berjamaah .

Setelah penyampaian beliau, lalu dilanjuti dengan sholat ashar berjamaah
Yang diimami oleh ust syamsul hadi abdan.tak lama setelah sholat ashar dilanjuti dengan sholat gerhana .Diakhir sholat gerhana ini, ust soharto selaku direktur KMI menyam paikan khutbah nya kepada santri tentang makna sholat gerhana .Didalam khutbah nya ini beliau menerangkan bahwa banyak orang-orang yang menganggap atau melihat tragedi gerhana ini dengan mitos-mitos yang tidak benar ada juga yang menganggap terjadinya gerhana disebabkan oleh kematian seseorang .Sedangkan didalam hadist rasulullah besabda “sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah keagungan allah bukan karena disebabkan oleh kematian seseornag .maka dari itu jika terjadi gerhana maka berdoalah dan sholatlah”.
Selain itu beliau juga menerangkan anjuran-anjuran nabi yang berisi tentang perintah bersegeralah dalam sholat gerhana karena sholat gerhana merupakan sisi pengamanan dari islam untuk umatnya dalam melindunginya dari bahanya gerhana .Yang kedua yaitu perintah berkhutbah,didalam khutbah ini bertujuan untuk menerangkan kepada umat tentang bagaimna menyambut gerhana yang benar dan yang terakhir perintah agar selalu berdzikir .
Diakhir khutbahnya ini beliau menerangkan bahwa gerhana matahari di Indonesia dimulai pada pukul 15.00-17.00wib, gerhana metahari ini dapat terlihat jelas di daerah kawasan Kalimantan dan jawa dan diperkirakan bahwa gerhana matahari akan terlihat pada tgl 26 januari dan 21juli .

0 comments:

Shalahuddin Al-Ayyubi
..............Shalahuddin Yusuf bin Najmuddin Ayyub dilahirkan di Takrit Irak pada tahun 532 Hijrah /1138 Masehi dan wafat pada tahun 589 H/1193 M di Damsyik. Beliau adalah pengasas Daulah Al-Ayyubiyah dan bergelar Sultan Shalahuddin. Seorang pahlawan Islam yang paling gagah berani dalam perang Salib dan berhasil merebut kembali Baitul Maqdis dari tangan kaum Salib Kristian. download file

 

Studio | Kirim Pesan | Pasang Iklan | Renungan Cinta | Cari siapa? | CEO Suargo

radio-ku mail : suargofm@yahoo.com | Design by Permata-art | Publisher : *2009 Gontor Procuction