Ahlan wa sahlan

Selamat datang kami ucapkan | Suara Gontor FM | Jaya di udara abadi di hati dari Gontor menyapa Indonesia | [Tanda - tanda hari kiyamat] | [Dunia Lain] | [Tata cara Shalat] peluang usaha

Thursday, July 2, 2009

PMD GONTOR 11 cab. Sumatra Barat

Semenjak dimulainya perintisan dan peletakan batu pertama pada awal bulan januari 2009 yang lalu, pondok ini telah berhasil membangun beberapa lokal yang memang masih diprioritaskan kepada sarana pokok kebutuhan santri sehari-hari seperti asrama, kelas, dapur dan kamar mandi. Melihat masih terbatasnya sarana dan prasarana yang ada, maka Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A.) membuka untuk 100 siswa calon pelajar baru, dan hanya di peruntukkan bagi siswa putra tamatan MI atau SD....

Derap Langkah Pembangunan Gontor 11

semenjak kedatangan bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. dan KH. Hasan Abdullah Sahal pada tanggal 27 Mei lalu, Pondok ini pun berusaha untuk terus memacu laju pembangunannya, sehingga diharapkan pada pertengahan bulan Juli 2009 yang akan datang, seluruh sarana pokok seperti asrama, kelas, kamar mandi, dan dapur termasuk kamar guru, dan rumah pengasuh, telah dapat digunakan dengan optimal. Sehingga para calon pelajar dapat langsung tinggal dan belajar di dalam area pondok dengan sistem asrama sebagaimana mestinya. Mengingat gaung pembangunan Pondok Modern Gontor 11 ini telah meluas hampir ke semua penjuru dan pelosok Nagari (desa) Sulit Air dan juga telah sampai ke beberapa kota besar di Padang Sumatra Barat, diantaranya Solok, Batu Sangkar, Padang Panjang, bahkan Palembang. Untuk itu Bapak Pimpinan memandang perlu adanya percepatan dalam pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh santri dan juga guru yang akan tinggal di Pondok Gontor 11 cab. Sumatra Barat ini.

Hadirnya Suara Gontor FM di Nagari Sulit Air

Seiring dengan dibangunnya Pondok yang berdiri di atas tanah seluas 7 hektare wakaf dari keluarga “Datuk Permato Kayo” (Bp. Ali Rizal) ini, Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor pun membangun sebuah media Informasi bagi masyarakat nagari Sulit Air, guna memperluas informasi sekaligus sosialisasi ajaran dan nilai Gontor kepada seluruh masyarakat Nagari Sulit Air dan sekitarnya.
Alhamdulillah, dengan Izin Allah Suara Gontor Sulit Air FM ini telah mengudara sejak tanggal 1 Juni 2009 lalu, dan Alhamdulillah pula media yang mengedepankan misi dakwah ini pun mendapat respon yang cukup baik dari kalangan masyarakat sekitar. Dan berkat adanya media informasi ini pula gaung pembangunan Pondok Modern Gontor 11 dapat di sebar luaskan melalui jalur udara.

Sosialisasi Ajaran Gontor kepada Masyarakat.

“Banyak jalan menuju Roma” mungkin inilah peribahasa yang dipilih oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Darusalam Gontor dalam mengenalkan ajaran-ajaran, nilai dan system Gontor kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia. Oleh karena itu selain Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor mengangap perlu adanya media informasi seperti radio, sebagai penyebar informasi melalui udara, maka pada tanggal 27 Mei 2009 lalu Bapak Pimpinan pun mengirim tiga orang Guru Muda dari Gontor, yang diharapkan dapat menjadi penyambung lidah ajaran, nilai dan system Gontor kepada masyarakat. Mereka itu adalah ( 1. Ustadz. Abdul Hamid al-Imam, S.Pd.I., 2. Ustadz. M Ghufron Abrori, dan 3. Ustadz. Abdul Chamid). Mereka bertigalah yang sampai saat ini masih berada di Nagari Sulit Air, sebagai penyambung lidah ajaran, nilai-nilai, dan sistem Gontor melalui beberapa kegiatan, diantaranya adalah : Ceramah Islam, yang biasa di adakan oleh masyarakat sulit air pada hari jum’at setelah shalat shubuh, dan wirid mingguan yang biasa diadakan pada hari rabo malam selepas shalat maghrib sampai Isya’, dan juga pengajian jama’ah muslimat yang biasa diadakan 2 minggu sekali di mushala-mushala atau masjid-masjid yang ada di Nagari Sulit Air secara Bergilir. Dari beberapa kegiatan ini lah mereka bertiga dapat memberikan gambaran, sekaligus dakwah tentang Gontor secara ringkas namun jelas.
Bersamaan dengan dilakukannya pendekatan terhadap masyarakat dengan mengikuti beberapa kegiatan di yang telah tersebut di atas, mereka bertiga juga membuka sebuah taman pendidikan Al-Qu’an yang diformulasikan untuk anak-anak penduduk sekitar nagari Sulit Air, guna memberikan sebuah pembinaan terhadap generasi muda yang sesuai dengan Syariat Islam, sehingga suasana Keislaman dan Kebersamaan pun akan tumbuh subur bahkan berkembang di Nagari nan elok Sulit Air ini, amin….. semoga!

0 comments:

Shalahuddin Al-Ayyubi
..............Shalahuddin Yusuf bin Najmuddin Ayyub dilahirkan di Takrit Irak pada tahun 532 Hijrah /1138 Masehi dan wafat pada tahun 589 H/1193 M di Damsyik. Beliau adalah pengasas Daulah Al-Ayyubiyah dan bergelar Sultan Shalahuddin. Seorang pahlawan Islam yang paling gagah berani dalam perang Salib dan berhasil merebut kembali Baitul Maqdis dari tangan kaum Salib Kristian. download file

 

Studio | Kirim Pesan | Pasang Iklan | Renungan Cinta | Cari siapa? | CEO Suargo

radio-ku mail : suargofm@yahoo.com | Design by Permata-art | Publisher : *2009 Gontor Procuction